Home » Film

Film: Frozen Flower – Kisah Cinta Segi Tiga antara Raja dan Pengawalnya

Submitted by on 03/09/2012 – 5:16 pm28 Comments | 89,946 views

Oleh: Alex

Film  Korea Selatan yang dirilis 30 Desember 2008 ini merupakan salah satu film yang saya tunda-tunda nontonnya. Lama saya abaikan dan menyesal kenapa tidak saya tonton lebih awal. “Frozen Flower” (“Ssanghwajeom”) disutradarai dan ditulis skenarionya oleh Yoo Ha, diperankan oleh Jo In-sung, Joo Jin-mo, dan Song Ji-hyo.

“Frozen Flower” menjadi film yang mengguncang penonton Korea Selatan karena keberaniannya mengangkat tema homoseksual dan adegan seks yang eksplisit. Film drama sejarah ini bersetting pada dinasti Goryeo, berkisah tentang cinta segi tiga antara Raja (Joo Jin-mo), Pengawal Pribadi (Jo In-sung), dan Ratu (Song Ji-hyo).

Dikisahkan, demi mempertahankan kedudukannya, sang Raja harus menghasilkan putra mahkota. Masalahnya adalah sang Raja gay dan tidak tertarik pada sang Ratu, dan ia menjalin hubungan cinta dengan sang Pengawal. Namun tekanan untuk memiliki anak membuat sang Raja harus mencari akal agar dia segera memiliki keturunan. Raja meminta kekasihnya, sang Pengawal, untuk meniduri sang Ratu supaya bisa hamil. Awalnya sang Pengawal melakukannya dengan enggan dan Ratu pun merasa terhina. Namun sang Pengawal yang tak pernah mengenal tubuh perempuan, lambat-laun menikmati hubungannya dengan sang Ratu. Masalah pun timbul ketika hubungan sang Ratu  dan sang Pengawal berubah dari nafsu menjadi cinta. Mulailah cinta segi tiga yang rumit dan ribet.

Raja tak pernah memperhitungkan kemungkinan bahwa sang Pengawal yang dicintainya memiliki kemungkinan biseksual dan akan jatuh cinta pada sang Ratu. Sementara sang Ratu yang tak pernah disentuh sang Raja tak pernah menduga bahwa hasrat membara dalam dirinya bisa dipuaskan oleh sang Pengawal. Sementara sang Pengawal tak pernah menduga dirinya akan terseret dalam dua cinta antara sang Raja dan sang Ratu.   Raja yang cemburu pun marah meskipun dirinya masih mencintai sang Pengawal dan berusaha memaafkannya hingga detik-detik terakhir.

Film berdurasi 133 menit ini dihiasi dengan pemandangan indah, adegan laga yang bagus, dan kostum yang menawan. Dua pemeran pria dalam “Frozen Flower” juga menampilkan adegan ranjang dan ciuman yang membuat banyak fans si tampan Jo In-sung terperangah. Selain itu adegan ranjang Jo In-sung dan Song Ji-hyo termasuk adegan yang amat sangat panas, apalagi jika dipikir bahwa film ini tayang di bioskop. Adegan telanjangnya lumayan banyak dan termasuk eksplisit. Namun seks menjadi unsur penting dalam film ini, sepenting dalam film “Lust, Caution”-nya Ang Lee, di mana kita melihat perubahan karakteristik dan gejolak emosi dua tokohnya melalui adegan seks.

Melihat karakter-karakter dalam film “A Frozen Flower” ibarat melihat rangkaian lukisan dengan puisi yang sedih. Ada kepedihan dalam masing-masing karakter yang membuat penonton perih melihatnya. Pujian tertinggi jatuh pada Joo Jin-mo yang berperan sebagai sang Raja. Kepedihan, cinta, dan rasa cemburu bisa terekspresikan dalam  penampilan aktingnya. Kita juga melihat bagaimana dia terperangkap dalam kedudukannya sebagai raja dan cintanya yang sedemikian besar pada sang Pengawal.

Akhir film dengan pertarungan dan ketegangan yang makin memuncak juga menimbulkan kepedihan tersendiri bagi penonton. Siapa sebenarnya yang dicintai sang Pengawal? Seberapa besar cinta sang Raja pada sang Pengawal? Tragis memang ketika cinta membelit orang yang tidak seharusnya kita cintai. Tapi siapa yang bisa mengatur jalannya perasaan?

Di Korea sendiri film “Frozen Flower” yang berbujet 10 juta dolar ini berhasil meraih  pendapatan 18 juta dolar.  Bahkan rights edar filmnya terjual ke beberapa negara Eropa. Buat penyuka film drama tragis ala “Curse of the Golden Flower”, “Frozen Flower” adalah film yang mesti ditonton, apalagi ditambah dengan tema gay yang mencengangkan. Bahkan saya sendiri menyesal sudah terlambat begitu lama menontonnya.

@Alex, SepociKopi, 2012

Tags: ,

28 Comments »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.