Home » Mix n' Match, TV

Mix n’ Match: Out 10 (2012)

Submitted by on 15/07/2012 – 7:30 pm13 Comments | 2,405 views

Oleh: Alex

“Sayang banget ya dia gay padahal ganteng gitu”, atau… dengan wajah prihatin, “Kok dia bisa lesbian padahal cantik.” Memangnya orang cakep nggak boleh jadi lesbian? “Patah hati sama cowok kali ya? Mestinya kenalan sama gue gitu, biar dia jadi normal lagi…. hahaha.” Pernah dengar komentar macam itu ketika mengetahui bahwa selebriti tertentu ternyata gay/lesbian? Kalau saya sih nggak bakal ikutan ketawa, karena menurut saya menggosipkan siapa yang gay/lesbian lalu menertawakannya itu melecehkan kita sebagai kaum LGBT.

Tulisan ini terinspirasi dari twit orang yang menebak-nebak siapa seleb gay/lesbian Hollywood, lalu berlanjut dengan lelucon-lelucon ala contoh di atas. Gay dan lesbian bukanlah becandaan atau lelucon. Kita bukan pelawak, dan kita jelas bukan objek bercandaan. Tapi kemudian saya menyadari daripada menggerutuinya lebih baik saya buat sendiri siapa-siapa saja tokoh LGBT yang sudah out bukan tebak-tebakan. Nama-nama di sini adalah para pemberani yang mengambil keputusan penting dalam hidup mereka sehingga masuk daftar Out 10 tahun 2012 versi SepociKopi. Dan terutama mereka adalah tokoh-tokoh gay dan lesbian hebat dengan prestasi yang membuat kita bangga.

Coming out memang merupakan hak pribadi siapa pun, kalau tidak mau pun tak ada yang bisa memaksa. Tapi selebriti berikut ini memutuskan keluar dari “lemari” untuk menunjukkan visibilitas dan eksistensinya sebagai gay/lesbian. Mereka adalah orang-orang yang memiliki kiprah nyata dan berani menyatakan diri gay/lesbian berada di puncak karier. Salut pada mereka, karena keberadaan merekalah kita tahu bahwa kita tidak sendirian.


Neil Patrick Harris

Dulu saya penggemar “Doogie Howser M.D” lalu ketika dewasa, saya suka banget dengan Barney di serial TV “How I Met Your Mother”. Neil Patrick Harris memutuskan untuk coming out pada tahun 2006 dengan mengakui terus terang bahwa dirinya gay untu menepis gosip yang makin gencar. Kekuatiran bahwa kariernya sebagai pria perayu di HIMYM akan berakhir ternyata tidak terbukti. Publik menerima pengakuannya dengan baik.

Ryan Murphy
Sebagai penyuka “Glee” tentu kita mengenal pria botak berwajah jutek yang merupakan kreator dan produser serial remaja favorit banyak lesbian ini. Ryan Murphy berhasil menjadi produser serial TV sukses dan menjadikan sejumkah bintang tamu yang openly gay di masyarakat sebagai tokoh hetero dalam “Glee” seperti Ricky Martin dan Matt Bomer. Kabarnya saat ini ia sedang merancang serial baru bertema gay.

Anderson Cooper
Jurnalis perang  CNN ini tidak menutupi orientasi seksualnya pada sahabat dan keluarga, namun ia memutuskan untuk menyatakan dirinya secara resmi sebagai gay di media pada awal Juli ini untuk menunjukkan keberadaan gay yang positif kepada publik.

Matt Bomer
Ketampanannya tak diragukan lagi. Matanya yang biru dan rahangnya yang persegi menjadi idaman banyak perempuan dan lelaki sejak dia berperan dalam serial TV “White Collar”. Ia memutuskan untuk coming out tahun lalu dengan risiko kehilangan kariernya sebagai bintang televisi. Namun kenyataannya nama Matt Bomer tetap bersinar dan dia juga mulai mengambil sejumlah peran di layar lebar, yang terbaru adalah sebagai penari telanjang di “Magic Mike”.

Jim Parsons
Satu lagi bintang televisi yang memutuskan coming out. Pemeran Sheldon dalam “Big Bang Theory” ini memang sudah sering digosipkan gay dan pada tahun 2012 ini ia memutuskan menyatakan dirinya gay di media massa. We still love you, Sheldon. No more no less.

Jane Lynch
Sue Sylvester di serial “Glee merupakan tokoh yang dibenci dan dicinta. Dalam kehidupan nyata Jane Lynch tidaklah sebengis tokoh yang diperankannya itu. Ia banyak berperan aktif dalam kampanye positif LGBT. Tahun 2010 Jane Lynch menikah dengan psikolog, Lara Embry, dan memiliki 2 anak bersama.

Megan Rapinoe
Sepertinya atlet perempuan lebih mudah coming out dibanding atlet laki-laki, mungkin karena olahraga identik dengan kekuatan fisik. Juga atlet perempuan sepertinya lebih berani coming out dibanding aktris perempuan. Bersama Jessica Landstrom, Megan Rapinoe menjadi atlet sepak bola perempuan yang duduk di sisi “out”. Saat ini atlet asal Amerika Serikat tersebut sudah tiga tahun menjalin hubungan dengan atlet sepak bola Australia.

Rachel Maddow
Pembawa acara, komentator politik, dan penulis ini merupakan salah satu perempuan paling berpengaruh di Amerika Serikat. Ia memiliki acara bincang televisi di MSNBC dan radio “The Rachel Maddow Show” yang disindikasi dan disiarkan ke seluruh negara bagian di Amerika Serikat. Sepanjang kariernya, Maddow tak pernah menutupi orientasi seksualnya, dan saat ini ia hidup bersama pasangannya di New York.

Nina Jacobson
Ini pilihan yang amat personal karena saya mengagumi perjalanan karier dan kesuksesan perempuan ini. Dia adalah eksekutif film dan produser yang berada di belakang kesuksesan film “The Hunger Games”. Pada tahun 2006 ketika menjadi eksekutif senior di Disney, Nina Jacobson dipecat sementara partnernya baru melahirkan anak ketiga mereka, bahkan ia dipecat lewat telepon saat berada di RS tempat partnernya melahirkan. Tak diketahui apakah pemecatan itu ada kaitannya karena orientasi seksual Jacobson, karena alasan yang disebutkan adalah restrukturisasi dan Disney akan memfokuskan diri ke “film keluarga”. Setelah dipecat, bersama Bruce Cohen, ia mendirikan perusahaan film sendiri, bernama Color Force, dan perusahaan inilah yang memproduseri film laris tahun ini, “The Hunger Games”. Yay for the lesbian!

Ellen Degeneres
Sejak coming out tahun 1997, Ellen Degeneres menjadi ikon lesbian dunia. “Yep, I’m gay” kalimat pengakuan itu membawanya menjadi sampul majalah “Time” dan meruntuhkan kariernya saat itu. Namun pertengahan tahun 2000, dengan acara bincang televisi “The Ellen Show”, Ellen Degeneres membuktikan bahwa risiko coming out memang ada, namun tak boleh meruntuhkan harapan kita. Kini Ellen Degeneres menjadi salah satu dari 50 perempuan terkaya di Amerika Serikat versi majalah Forbes.

@Alex, SepociKopi, 2012

  

Tags: , , ,

13 Comments »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.