Home » LezBiz

LezBiz: Si Kuning yang Memukau

Submitted by on 04/07/2012 – 6:55 pm6 Comments | 845 views

Oleh: Seez Lim

Saya selalu suka melihat benda kuning yang cantik ini. Kebanyakan orang menyebutnya emas. Tetapi saya menyukai si kuning ini bukan sebagai perhiasan. Saya bukan tipe orang yang bisa/biasa menggunakan perhiasan. Pertemuan saya terhadap si kuning dimulai ketika saya masih sekolah dan Ibu memperlihatkan perhiasannya dan berkata “Seez, nanti kalau kamu sudah punya uang sendiri, jangan membeli perhiasan emas ya, tapi belilah emas batangan”. Ah, tentu saja saya tidak mengerti apa yang diucapkan oleh Ibu waktu itu. Saya hanya manggut-manggut tidak jelas karena tentu saja saya tidak mengerti.

Ternyata saya baru bisa menangkap arti nasihat Ibu, ketika saya sudah mempunyai penghasilan sendiri. “Jangan membeli perhiasan emas, tapi belilah emas batangan”. Memang benar, ketika kita ingin memulai berinvestasi, coba deh dilihat apa saja hal-hal yang bisa membuat hasil investasi kita menurun jika kita menjualnya. Perhiasan emas memang bagus dan bisa membuat penampilan kita lebih terlihat “wah”. Tetapi ketika perhiasan dijadikan investasi, hasilnya tidak akan memuaskan. Kalau ingin mempunyai emas sebagai salah satu instrumen investasi kita, belilah emas batangan.

Emas batangan atau yang biasa disebut logam mulia, merupakan salah satu instrumen investasi yang paling likuid. Likuid berarti mudah dicairkan atau mudah diuangkan. Logam Mulia (LM) biasanya bisa dibeli ditoko-toko emas yang bisa kita temui dibanyak tempat atau bisa juga langsung membeli ke Antam, perusahaan pemerintah yang memang mengolah hasil tambang di Indonesia dan salah satu produknya yaitu emas yang diproduksi oleh bisnis unit di Antam yang bernama Logam Mulia.

Pembelian logam mulia di Antam maupun di toko emas biasa sebenarnya sama saja perlakuannya. Kita bisa mendapatkan logam mulia dengan ukuran sesuai keinginan atau kemampuan (mulai dari 1gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, 100gr sampai 1kg). Tentu saja ketika kita membeli logam mulia dengan ukuran yang paling kecil maka harga per gramnya akan menjadi mahal karena dikenakan ongkos pembuatannya. Tetapi ketika hendak membeli langsung di Antam, kita harus mengikuti beberapa prosedur yang sudah ditetapkan oleh Antam. Informasi prosedur dan caranya bisa dilihat langsung di situs Antam (www.logammulia.com). Di sana tercantum bahwa salah satu syarat pembelian  logam mulia di Antam adalah keharusan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) dan identitas diri tentunya. Dan ternyata sekarang pembelian  logam mulia bisa dilakukan di rumah dan dikirimkan ke rumah pembeli. Saya sendiri belum pernah mencobanya, tapi menurut saya cara ini merupakan terobosan yang bagus, praktis dan aman bagi pembeli yang tidak memiliki waktu banyak.

Return  logam mulia yang menggiurkan dalam lima tahun terakhir membuatnya menjadi instrumen investasi yang sangat diminati masyarakat Indonesia. Tahun lalu saja, Antam kedatangan customer yang membludak gara-gara kenaikan  logam mulia yang sempat menghebohkan masyarakat Indonesia. Mempunyai fisik yang jelas dan tidak termakan inflasi, mungkin menjadi salah satu alasan mengapa banyak yang mencoba berinvestasi  logam mulia. Apalagi orangtua biasanya lebih percaya menempatkan investasinya di logam mulia.

Nah, kita sebagai lesbian jangan mau kalah dengan orangtua kita yang sudah lebih lama mengenal  logam mulia. Tapi ingat, setiap investasi mempunyai risikonya (baca: Risiko Berinvestasi), supaya kita bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ketika menginvestasikan uang kita.

Selain itu, jangan berinvestasi logam mulia jika menginginkan hasil jangka pendek. Investasi emas merupakan investasi jangka panjang, minimal dilakukan lima tahun agar hasilnya maksimal dan lebih memukau. Bagi lesbian yang mempunyai goal ingin memiliki apa lima tahun ke depan, boleh mencoba membeli logam mulia, sebab bukan saja bisa dijadikan alat investasi agar bisa mencapai tujuan atau menikmati keuntungan, tapi juga dapat digunakan sebagai pelindung terhadap nilai dan kekayaan. Mengapa pelindung? Karena pada umumnya semakin tinggi inflasi, biasanya akan semakin baik pula kenaikan harga emas. Oleh karena itu, ketika memulai berinvestasi, usahakan menyisihkan dan mengalokasikannya pada logam mulia.

Nah, lesbian yang belum pernah membeli emas, coba deh buka website yang saya sebutkan di atas. Baca prosedurnya dan mulai mengumpulkan uang untuk membeli logam mulia. Jika merasa prosedur di Antam ribet, datang saja ke toko emas dekat rumah, atau minta ditemenin Ibu dan beli bersama, pasti Ibu kita akan kaget karena ternyata anaknya juga mengerti tentang emas dan investasi. Buktikan kalau kita bisa menjadi lesbian yang melek investasi dan tidak hanya “menye-menye” tentang segala drama percintaan yang terjadi.

Happy Investing!

@ Seez Lim, SepociKopi, 2012

Tags: ,

6 Comments »

  • kuku kakiku kaku kaku says:

    harga emas bakal anjlok tahun 2013. aussie bucks as well. wanna bet? this year, buy all aussie, and sell it at the end of the year.

  • bE says:

    Nice info… LM khususnya emas juga bisa dibeli dengan cara cicil di Pegadaian juga lho dengan berat terkecil 5 gram, jadi cocok banget untuk yang baru mulai. Dikit-dikit lama-lama membukit :)

  • Hening swara says:

    Nice artikel seez,i like it,mau ngasih tau nih Utk yg d sby bs beli onlen atau pun beli langsung di http://www.emas24karat.com/ sudah terbukti aman terpercaya,tokony berada d BG junction krn aq sendiri sdh jadi member sejak 2 tahun lalu,utk menghindari biaya cetak yg lumayan mahal krn membeli emas dgn ukuran kecil, bs membeli dengan sistem tabungan emas, jika tabungan emas sdh terkumpul sesuai dengan keinginan kita baru deh kita reedem tabungan emas kita dgn emas LM,cara ini bagus buat tmn2 yg ingin invest LM tapi berpenghasilan kecil,selamat berinvestasi

    Salam

  • caffe arte says:

    Akhirnya ada tulisan tentang si kuning cantik ini. :D
    Selain website yang di atas ada juga penjualan online si kuning ini yang lumanyan terpercaya. Oh ya beberapa bank menawarkan program cicilan untuk pembelian si kuning.
    selamat hunting investasi.

    *salam invest :D

  • Yin D says:

    Ini dia tulisan yang kutunggu-tunggu di kolom LezBiz..^^ Makasih Seez Lim buat tulisannya.. Nice..:)

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.