Home » wawancara

Ria Irawan – Nggak Perlu Banyak Bicara yang Penting Berbuat

Submitted by on 25/06/2012 – 11:08 pmOne Comment | 1,641 views

Oleh: Aderain dan Vilinnz

Tim redaksi senang sekali ketika Ria Irawan bersedia menjadi tamu istimewa dalam QASK Rabu, 20 Juni lalu. Meskipun terus terang admin yang bertugas malam itu keteteran dengan line yang lambatnya mirip ular pemalas.

“Gemes aku sama gaya ngetwit Ria Irawan!” ujar admin twitter Sepocikopi malam itu. “Twit-twitnya, singkat, padat, menohok, nyeleneh, suka-suka, sampai aku mikir mau bertobat aja jadi admin Twitter SepociKopi! Tapi anehnya twit-twit ngasal artis ini ngena di hati.”

“Gue gak suka banyak bicara, yang penting berbuat.” Demikian twit Ria di Direct Message SepociKopi. Hal ini terlihat jelas dari twitnya yang tidak melebar ke mana-mana namun menggambarkan apa yang sudah ia bagi kehidupan, bagi dunia homoseksual khususnya. Keterbukaan Ria terhadap dunia LGBT, membuatnya dikenal sebagai ‘Ibu’ para LBGT.

Ria Irawan tercatat dalam Wikipedia sebagai aktris Indonesia. Kredibilitas dan kualitasnya di bidang perfilman tak diragukan lagi. Pernah meraih nominasi Festival film Indonesia 1986 sebagai Aktris Pendukung Terbaik pada film ‘Bila Saatnya Tiba”. Beliau juga memenangkan Piala Citra lewat film yang juga dibintangi oleh Mathias Muchus, “Selamat Tinggal Jeannette” pd thn 1987.

Pada Tahun 1994, Ria Irawan meraih nominasi Piala Vidia Aktris Utama “Komedi Lika Liku Laki-Laki “. Dalam Festival Film Asia Pasific di Iran, tahun 2003, beliau mendapat gelar The Best Actress dalam film “Biola Tak Berdawai.” Peraih Piala Vidia FFI 04 Untuk Aktris Terbaik Televisi, “Di Bawah Langit Jakarta” & nominasi Aktris Pendukung Terbaik di film “Berbagi Suami”.

Ria Irawan, pernah mengambil kuliah desain grafis di Milan. Kemudian dikenal sebagai feminis dan aktivis LGBT lewat karya film. Viva L adalah salah satu film pendek yang dibuat Ria Irawan mengangkat kehidupan lesbian yang pelakon utamanya juga lesbian. Film berdurasi 9.5 menit yang diperankan langsung oleh @big_dhadhe turut mewakili film Lesbian di festival film pendek QFF.

Terima kasih Kak Ria Irawan atas waktunya, @big_dhadhe atas mediasinya.

Berikut QASK SepociKopi dengan @RiaIrawan.

RT @kakachala: Kayaknya SepociKopi malam ini bakalan seru banget, siap2 pantengin TL-nya.

@sepocikopi: Kak Sis ada yang sudah nonton film Viva L yang diperankan Kak @big-dhadhe?

@RiaIrawan: Bikin film tema LGBT nggak lebih baik hasilnya dibuat oleh LGBT maupun pengalaman pribadi. Ini masalah berkarya!

@RiaIrawan: Punya ide cerita film tema Lesbian?

@RiaIrawan: Fim Pendek Viva L! Cuma pengen tunjukin, kalau cinta, dari siapa pun adalah obat termanjur penyakit apa pun @big_dhadhe

@RiaIrawan: Ceritanya dulu! RT @davidokta: Pemainnya siapa tan??RT @RiaIrawan: Bikin film Lesbian yuk.Ada ide?

RT @big_dhadhe: VivaL! VivaLesbian, VivaLove! RT @RiaIrawan: Fim Pendek Viva L! Cuma pengen tunjukin, kalau cinta adalah obat termanjur untuk oenyakit apa pun.

@RiaIrawan: Pembuatan Viva L! Gampang banget, cepat kilat jadi, kendala cuma di pemain yang meskipun buci ganteng @big_dhadhe tapi bego

@RiaIrawan Gue baru 1x buat film pendek. Viva L itu. Satu film itu aja sudah bisa bicara banyak di film festival.

@RiaIrawan: Cinta apapun bentuknya, adalah pemberian, rasa yang tidak bisa diingkari, enjoy diri lo sendiri LGBT.

@RiaIrawan: Jadi aja diri lo sendiri di mana pun, kapan pun, bukan orientasi yang jadi patokan, tapi prestasi dan lain-lain yang lebih dilihat.

@ sepocikopi: Kak Sis Mas Bro, silahkan tanya-tanya ke tamu QASK kita, beliau akan coba jawab, tapi kalau jaringan lambat mohon dimaklumi.

RT @evasiauw: @RiaIrawan SepociKopi masi tetep pakai butchi terganteng abad ini si @big_dhadhe?

RT @ninun: @RiaIrawan SepociKopi bikin cerita tentang pasangan yang umurnya masih di bawah 25an dong kak

@RiaIrawan RT @eagerEma: Q: bio-nya mbak Ria itu maksudnya gimana? (big no for fans LGBT feminist)

RT @kemalarsjad: @johnbadalu @RiaIrawan @sepocikopi short film? Untuk festival ? Yuukkss

RT @RiaIrawan @big_dhadhe RT @coolintherain:aku pengen nonton Viva L, gimana cara dapetin filmnya? Ada novelnya juga nggak ?Jadi penasaran.

RT @antokserean: @RiaIrawan Ada rencana roadshow Viva L? Makasih

@sepocikopi; Kak Sis tamu QASK kita hari ini memang ‘nyeleneh dan nyentrik’, line ikut-ikutan nyalah lambatnya. Mohon maaf ya.

RT @big_dhadhe: Ga ada di mana-mana, kalau mau bisa nonton bareng aja @RiaIrawan RT @coolintherain:pengen nonton (Admin: Maksudnya Film Viva L)

@Sepocikopi: Kak sis terima kasih atas kebersamaannya, line provider Kak @RiaIrawan sungguh nggak bisa diharapkan lagi, mimin tutup QASK kita.

@sepocikopi: Kalau nanti masih nongol mention Kak @RiaIrawan mohon dimaklumi, karena ketergantungan dengan provider sangat mengacaukan QASK.

Catatan: Ria Irawan mempersilahkan teman-teman yang ingin nonton bareng film ‘Viva L’ bisa hubungi @sepocikopi.

@Aderain, Vilinnz, SepociKooi, 2012

Tags:

One Comment »

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.