Home » Sepocikopiana, Tantangan

SepociKopi 30 Day Challenge

Submitted by on 30/03/2012 – 3:28 pm120 Comments | 2,694 views

Siapa yang mencintai buku? Buku adalah cakrawala yang memayungi hidup, sepatu bagi jejak langkah, dan pelukan hangat bagi jiwa yang kesepian. Selama bulan April 2012, SepociKopi menantang seluruh pembaca mendekatkan diri dengan buku dan melakukan hal-hal seru bersama buku. Buku di sini mencakup seluruh buku mulai dari novel sampai komik; dari buku bergambar sampai buku ilmiah; dari buku perjalanan sampai buku biografi, dan lain-lain.

Untuk menyelesaikan tantangan ini, kamu bisa melakukan segala cara. Misalnya mengubek-ubek lapak buku, tuker-tukeran buku dengan teman, bergadang untuk menyelesaikan satu buku, atau bertanya ke orangtua buku-buku favoritmu ketika kamu kecil. Apa pun itu, tantangan ini akan membuatmu bermimpi tentang buku selama bulan April!

Seru kan? Nah, begini caranya:

1. Tulis tantanganmu di ruang komen dan ceritakan di sana. Jangan lupa menyebutkan tantangan hari keberapa.
2. Satu tantangan berlaku untuk satu hari dan harus diselesaikan hari itu juga.
3. Hari selalu mengacu pada tanggal. Hari pertama berarti menyelesaikan tantangan pada tanggal 1 April. Hari kedua berarti menyelesaikan tantangan pada tanggal 2 April. Hari ketiga berarti menyelesaikan tantangan pada tanggal 3 April. Demikian seterusnya
4. Boleh memilih ikut tantangan yang mana tapi baiknya mengikuti semuanya
5. Tantangan ini hanya berlaku pada bulan April, tanggal 1-30
6. Kitab suci (dari agama mana pun) tidak termasuk dalam tantangan ini
7. Seperti biasa, gunakan bahasa Indonesia yang baik, benar, dan tidak menyinggung SARA saat bercerita di ruang komen.

Inilah SepociKopi 30 Day Challenge. Play life to win!

***

Hari 1. Tulis 10 judul buku yang mengubah hidupmu.

Hari 2. Apa adegan terindah dalam buku fiksi yang kamu kenang selamanya? Sebutkan judul fiksi itu.

Hari 3. Ambil bukumu yang seru dan pinjamkan kepada teman. Minta dia selesaikan dalam 7 hari. Sebutkan judulnya di sini.

Hari 4. Tulis hal-hal keren/positif tentang dirimu yang sama dengan karakter favorit di buku cerita kesayangan.

Hari 5. Buat nama lengkap yang keren untuk anak-anakmu di masa depan, yang kamu ambil dari nama-nama karakter di novel atau dari nama-nama penulis.

Hari 6. Sebut 2 buku yang kamu baca lebih dari 10 kali. Ambil buku-buku itu dan baca 10 halaman pertama (lagi).

Hari 7. Sebut 5 tempat khayalan yang paling asyik di dunia untuk membaca buku.

Hari 8. Belikan buku dan sebutkan judulnya untuk pasangan tercinta atau gebetan seru. Yang belum punya pacar, hadiahi diri sendiri dengan buku dan sebutkan judulnya.

Hari 9. Sebut 5 kota/tempat/negara yang menggoda dan harus dikunjungi seumur hidup dari hasil membaca buku.

Hari 10. Ambil kembali bukumu yang kamu pinjamkan kepada teman (lihat hari 3). Pinjam buku teman dan janjikan kepadanya untuk menyelesaikannya dalam 7 hari. Sebutkan judulnya di sini.

Hari 11. Apa 5 judul cerita yang dibacakan orangtua ketika kamu berusia lima tahun?

Hari 12. Kalau hanya ada satu buku saja yang bisa kamu simpan dan baca setiap hari, buku apakah itu?

Hari 13. Tulis surat cinta yang indah kepada karakter favoritmu.

Hari 14. Kalau kamu bisa bertemu selama 1 jam dengan 1 penulis yang karya-karyanya kamu cintai, apa yang ingin kamu katakan/obrolkan kepadanya?

Hari 15. Sebut 5 kutipan paling penting bagimu yang kamu dapatkan dari buku.

Hari 16. Sebutkan 3 alasan mengapa buku sangat penting bagi hidupmu.

Hari 17. Kembalikan buku yang kamu pinjam  (lihat hari 10). Carilah teman lain, lalu lakukan book swap (tukeran buku). Sebutkan judul buku yang kamu berikan kepadanya dan buku apa yang kamu terima dari dia. Selesaikan buku itu dalam 7 hari.

Hari 18. Sebut 3 judul buku yang membuatmu menangis.

Hari 19. Kalau kamu bisa masuk ke dalam buku, sebut judul buku itu dan bagaimana ceritanya.

Hari 20. Berburu buku-buku bertema LGBT di lapak buku, perpustakaan, atau toko buku kecil dan ceritakan hasilnya.

Hari 21. Sebut 3 judul buku yang membuatmu tertawa terbahak-bahak.

Hari 22. Sebut nama 5 karakter dalam fiksi yang pernah membuatmu jatuh cinta dan mabuk kepayang padanya.

Hari 23. Apa 3 pengetahuan yang paling berkesan yang kamu dapat dari 3 buku ilmiah?

Hari 24. Tuliskan 2 puisi indah yang kamu dapatkan dari buku dan sebutkan judul bukunya.

Hari 25. Kalau kisah hidupmu diterbitkan menjadi buku biografi, apa judulnya?

Hari 26. Kalau besok adalah akhir dunia, apa yang akan kamu lakukan dengan buku-bukumu sekarang?

Hari 27. Sebut 5 judul buku yang mau kamu baca tapi tidak pernah kesampaian.

Hari 28. Bawa satu buku, tenteng dari pagi sampai malam ke mana pun kamu pergi, dan berbagilah pada orang-orang kenapa kamu menyukai buku ini. Ceritakan di sini.

Hari 29. Tuliskan bagaimana kamu belajar membaca pertama kali.

Hari 30. Sebut buku-buku LGBT yang kamu beli setelah membaca resensi di SepociKopi. Kalau belum pernah, beli minimal satu.

Terima kasih sudah menyelesaikan SEPOCIKOPI 30 DAY CHALLANGE. Sampai ketemu di tantangan lainnya!

**Berhubung ruang komen sudah penuh, maka para penantang yang menantang pada hari ketujuh sampai hari ketigabelas akan mengisi tantangannya di ruang komen di sini: SepociKopi 30 Day Challenge 2

@SepociKopi, 2012

PS: Bagi kamu yang ingin mencetak SEPOCIKOPI 30 DAY CHALLANGE dan menempelnya di kamar atau di meja kerja (biar nggak kelupaan) dapatkan kalendernya di sini: KALENDER SK 30 DAY CHALLANGE atau klik gambar di bawah ini:

Kalender SK 30 Day Challenge

 

 

120 Comments »

  • Sang Rahasia says:

    wah ternyata macet di hari ke 6
    baik, sekarang hari ke 12 sekaligus tantangan ke 12

    buku yang selalu disimpan dan di baca
    Trilogi Insiden pengarang Seno Gumira Ajidarma

  • soir_de_lune says:

    tantangan hari ke 6
    (baru ikutan lagi) hehe..

    buku yg dibaca berulang-ulang kali: (blm smp 10x sih)
    1. laskar pelangi
    2. dimsum terakhir

  • Tantangan hari ke-6:
    1. Perempuan di Titik Nol – Nawal el Sadawi
    2. Komik One Piece

  • Mimin SKSurabaya says:

    Tantangan hari 6, jumat, 6 April 2012.

    Larung. Relung2 Gelap Hati Sisi.

  • Sang Rahasia says:

    hari ke 6
    1. Betina
    2. trilogi insiden

  • Bening says:

    Tantangan hari ke 6

    Buku yang kubaca lebih dari 10 kali:

    1. Totto Chan, baca mulai dari masih kuliah. Beli, pinjamin ke orang, nggak balik, beli lagi. Baca lagi, pinjemin lagi, lama gak balik ya sudah beli lagi, baca lagi. Simpen. Cerita sama temen beliin buat dia, baca lagi. Dan begitu terus. Dari jaman masih diterbitin entah penerbit apa sampe diterbitin Gramedia.

    2. Be a Writer, be a Celebrity (Andrei Aksana) Ini juga sama, dari pertama nemuin buku ini thn 2007, bolak-balik dibaca. Penah beli beberapa dan bagiin ke temen-temen yg mau belajar menulis (nggak mesti jadi selebriti sih)

  • hening swara says:

    Hari ke 6 :
    Buku yg sering d baca
    1.Relung gelap hati sisi (mira W) baik yg edisi lama ato edisi baru, aq punya dua2ny
    2.Topeng kaca edisi Bidadari merah (suzue miuchi) komik sejak aq SMP sampe skrg belum kelar ceritany, ku kira pengarangny sdh meninggal, tyt tahun kmrn baru mengeluarkan lanjutan komik topeng kaca edisi bidadari merah

  • tino says:

    Tantangan Hari ke-6 :
    Buku yang saya baca lebih dari 10 kali :
    1. Chicken Soup for The Survivors Soul
    2. Left to Tell

  • K says:

    Tantangan 6 April.

    Buku yang sering kubaca ulang mungkin adalah Dimsum Terakhir karya Clara Ng, maklum baru saja berhasil kudapatkan setelah penantian yang cukup lama.

  • alex says:

    2 buku sampe bulukan yang kubaca:
    1. Relung2 Gelap Hati Sisi – Mira W. Sampai aku harus beli lagi bukunya karena sudah nyaris rontok tak berbentuk.
    2. The Hunger Games. Paling sering baca itu Mockingjay. Adegan2 tertentu di Mockingjay bisa kubaca sampai oh entah berapa kali tak terhitunglah. 10 sih lebih.

  • Lakhsmi says:

    Day 6.

    Banyak sekali buku-buku yang kubaca berkali-kali sampai bukunya lecek, khususnya buku-buku puisi. Buku-buku favorit. Tapi harus memilih dua buku ya? Hmmm, ini pilihannya:

    1. “Plato And A Platypus Walk Into A Bar… Understanding Philosophy Through Jokes” oleh Thomas Cathcart dan Daniel Klein

    2. “On Writing: A Memoir of the Craft” oleh Stephen King

    *Lakhsmi

  • cherrie says:

    Buku yg srg dibaca duluuu bgt adalah meriam benteng navaron karangan allistair mcclean, sama novelnya sidney sheldon, tp lupa judulnya.. :)

  • @LGebe says:

    Hari ke 6, pas deh ya bwt ngisi kegiatan tanggal merah… :)

    Banyak buku yg bolak-balik kubaca, berhubung nomaden, jd ngecek buku yg ready n aku mood bwt bacanya hari ini…

    Pilihan jatuh pada :
    1. How To Be Like Michael Jordan (Pat Williams + Michael Weinreb)
    2. Etika Organisasi Pemerintah – Modul Diklat Prajabatan Gol. III (Drs. Desi Fernanda, MSc.Sc)

  • Tantangan hari 6

    1. “A Walk to Remember” oleh Nicholas Sparks
    2. Komik seri “Harlem Beat” oleh Yuriko Nishiyama

  • Carmen says:

    Sebenarnya banyak sekali buku yang kubaca lebih dari 10x (penggemar pengulangan baca buku n nonton film)
    Ok akan baca lagi 10 halaman pertama dari:
    1. Your toddler’s development (teach yourself series)
    2. The child manuela (christa winsloe)
    Consider done.

  • Ema says:

    Hari kelima –telat dikit gakpapa yak! Haha..

    Pengen ngasih nama anakku, baik laki2 maupun perempuan, Shanaou Jinda Kosasih.
    Shanaou dr Shanaou Yoshitsune;
    Jinda dr Rice Without Rain;
    keduanya nir-kekerasan, menghormati perempuan, cinta damai, teguh, dan penuh semangat.
    Kosasih dari RA Kosasih, supaya selalu ingat asal usulnya dan mencintai budaya dan seni Indonesia.

  • Bening says:

    Tantangan hari ke-5

    Setelah baca Camilan 20,30,40 aku jadi pengin punya anak bernama “Rara Pramesti”

    Atau “Selma Karamy” kayak nama pacarnya Khalil Gibran. (Mirip-mirip Hepi Salma juga :D)

    Tapi sukaa banget nama penulis India “Chitra Banerjee Divakaruni” Nanti diubah sedikit jadi “Chitra Bening Divakaruni” (Awass ya, jangan ada yang ambil nama ini! hihihi)

    Kalau cowok, naksir banget nama tokoh sang ayah di Dimsum Terakhir. “Nung Atasana”. Gimana gitu… “Nung”, bukan Hanung, bukan Danung, bukan Namnung. Cuma “Nung”

    Atau “Rafky Aksana” (paduan tokoh Lelaki Terindah+nama penulisnya)

    Eh, Atasana sama Aksana ternyata mirip ya?!

  • Tantangan hari 5:
    Mau punya anak lelaki bernama Aragorn karena aku penGgemar LOTR.

    Kalau perempuan, mau Hermione. Jelas dong alasannya?

  • tino says:

    Tantangan Hari ke-5 :
    Nama anak cewek : Enid dari Enid Blyton
    Nama anak cowok : Clark atau Ken dari Clark Kent

  • Mimin SKSurabaya says:

    Tantangan hari 5, Kamis, 5 April 2012. Buat nama lengkap yang keren untuk anak-anakmu di masa depan, yang kamu ambil dari nama-nama karakter di novel/dari nama-nama penulis.

    Ucu “cok” Airin
    Shakun Tala
    Tirta Abang
    Hening Swara
    Ayu Utami

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.