Home » Buku, Seni Budaya

Buku: Un Homme et Une Femme : Saat Cinta Sejati Dipertanyakan

Submitted by on 28/09/2009 – 1:13 pm9 Comments | 869 views

Oleh: Grey Sebastian

*spoiler alert*

“Pernah nggak terlintas di pikiran kamu kalau orang yang bersama kamu sekarang bukanlah orang yang seharusnya bersama kamu, dan orang yang harusnya bersama kamu sekarang masih menunggu di luar sana untuk kamu temukan?”

Beginilah kalimat pembuka pada bagian prolog Un Homme et Une Femme. Sejak halaman pertama, pembaca sudah dijelaskan dengan permasalahan yang menjadi kebingungan kedua tokoh utama dalam novel ini.

Cerita di buka ketika Lara, seorang perempuan muda yang mulai merasa galau dan terus bertanya-tanya apakah Khrisna adalah pria “the one” dalam hidupnya. Karena itulah ia meminta Bayu, sahabatnya yang juga merupakan adik Khrisna, untuk membantunya memainkan sebuah skenario agar memiliki alasan untuk meminta “time out” dari Khrisna, supaya mereka bisa menjalani hidup masing-masing dulu sebelum memantapkan diri melangkah ke jenjang berikutnya dalam hubungan mereka.

Sedangkan Bayu, yang pernah mengalami patah hati berat, akhirnya menemukan kembali arti cinta dalam diri Rio. Namun sebagai seorang pria muda yang merasa pernah jatuh cinta dan patah hati dengan seorang gadis, “cinta baru” ini membuat hati nuraninya bergolak. Bagaimana mungkin seorang pria bisa jatuh cinta dengan pria lainnya? Bagaimana dengan tanggapan keluarganya, orangtuanya, teman-temannya? Bisakah mereka menerima dirinya?

Un Homme et Une Femme, yang dalam bahasa Indonesia berarti seorang lelaki dan seorang perempuan, adalah novel pertama karangan Stanley Dirgapradja yang di terbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama pada akhir 2007. Stanley adalah seorang penulis film paruh waktu dan sempat mengenyam bangku kuliah di Universitas Sanata Dharma jurusan bahasa Inggris.

Meskipun alur kisah Un Homme et Une Femme sedikit lambat dan berkesan biasa saja. Namun dengan kesan biasa inilah Stanley berhasil membuat novel ini terasa sangat natural dan wajar terjadi.

Pertanyaan-pertanyaan dan kecemasan-kecemasan yang menjadi kegalauan tokoh-tokoh di dalamnya, pasti pernah dialami oleh orang-orang muda saat mereka mulai beranjak dewasa dan harus memutuskan mana yang harus menjadi prioritas dalam hidup mereka. Seperti Khrisna yang akhirnya memutuskan untuk serius menyelesaikan kuliahnya justru setelah diputus hubungan kekasih oleh Lara.

Pergolakan batin Bayu saat menyadari bahwa dirinya mulai jatuh cinta dengan Rio pasti pernah dialami oleh mereka yang jatuh cinta pada sesama jenis. Kebimbangan Lara untuk menjadikan Khrisna pria terakhir dalam hidupnya, juga sering dirasakan oleh perempuan menjelang saat-saat mereka akan melepas lajang.

Meski harus penuh pertimbangan namun hidup juga harus terus berjalan. Ketakutan dan kekhawatiran yang kita rasakan, terkadang memang hanya terjadi dalam pikiran kita sendiri. Itulah pesan moral yang saya tangkap dalam novel ini. Bayu yang pada awalnya mati-matian menolak bahwa ia juga menyukai Rio, namun saat dia pada akhirnya memutuskan untuk menerima cinta Rio dan berjuang bersama orang yang sangat mencintainya itu. Ternyata keluarga dan kerabat mereka tidak mempermasalahkan hubungan mereka sama sekali.

Lara pada awalnya tidak yakin dengan hubungannya bersama Khrisna, karena dia melihat Khrisna sebagai pria yang tidak pernah bisa serius memikirkan masa depan. Namun akhirnya Lara harus mengakui bahwa ia tidak ingin kehilangan Khrisna, pria tidak sempurna yang selalu mencintai dia dengan cara yang sempurna. Khrisna pun akhirnya berhasil membuktikan bahwa ia tidak seperti yang dipikirkan oleh Lara.

Membaca novel ini membuat saya seperti sedang melihat kisah saya sendiri. Pernyataan yang sama juga dilontarkan seorang sahabat saya yang merekomendasikan novel ini untuk saya baca. Satu-satunya hal yang sedikit tidak masuk akal menurut saya adalah penerimaan seluruh keluarga dan kerabat Bayu atas hubungan cintanya dengan Rio yang begitu mudah dan tidak mendapat kritikan sedikit pun. Padahal kita tahu, saat ini masih sangat sulit bagi pasangan sesama jenis untuk mendapatkan restu dari keluarga dan kerabat.

@Grey Sebastian, SepociKopi, 2009

Tags: ,

9 Comments »

  • to anyone who feel cheated after buying this book..
    i guess u didn’t get the real background of the story..
    remember that Bayu n Khrisna’s parents are some kind of artsy person..
    they live in bali-lombok,or whatever was that but the main point is about who they’ve been mingle around with..the western people..
    and we live in a eastern culture!for god’s sake..

    if Stanley was about to write a ‘real’ college students,then i guess the story will be screwed up and Bayu’s family won’t accept him as a gay..

    I’M TOTALLY FINE WITH LESBIANS OR GAYS,,cz i love them..n they’re unique..some of my friends are homosexual..n i still accept them..i listen to their story and whatso..
    :)

  • tomBOY says:

    sama…

    gw berharap ortu gw bisa nerima keadaan gw yg syg bgt m patner gw tanpa hrs pusing dger apa kt tetangga.

    terlepas dr nyokp gw tw ato g hub gw n patner, nyokp tuh syg bgt ma patner gw…

  • flavia says:

    saya sudah lama beli novelnya, dan nyesel.
    terlalu mustahil.

  • Cherry says:

    pernah baca HUJAN by Thee @ Rien, atau MaRooN (Luka Sang Penulis)by Rien nggak? dua novel itu ttg LGBT juga loh… tapi HUJAN thriller (lesbian), kalo MaRooN romance (gay)… those novels are great!

  • Tim says:

    Karena ada campur tangan TUHAN, dan setelahnya hidup dipenuhi dgn keajaiban………

  • Awani says:

    Hanya mimpi.. Kenyataan nya mo coming out aja mikir berjuta juta x..

  • LigX says:

    semoga minoritas seperti kita juga bisa diterima di keluarga dan masyrakat,

  • Grey says:

    @ Keyz : sama tuh…. Aku jg ngiri banget sama Bayu…

  • keyz says:

    saya juga punya buku ini, bahkan membacanya berkali-kali sampe tuh buku rada brucek…

    setubuh banget, razanya ringan banget sung di terima sama keluarganya tanpa perang mulut dulu ingin razanya seperti bayu huuhuhuhu but kapan y ^^

Leave a comment!

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also Comments Feed via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.